Pentingnya Knowledge Management dalam suatu perusahaan

11 Dec

Knowledge management di dalam suatu perusahaan saat ini di rasa sangat penting. Kenapa baru sekarang? Kita sebelum nya lebih mengenal yang namanya technology management di rasa lebih penting dari segalanya. Kenapa sekarang knowledge management yang lebih penting? Knowledge management di sini merupakan hal yang luas, yang juga akan mencangkup technology management.

Maka di dalam konteks itulah, kini semakin membuat terdesak akan sebuah kebutuhan bagi setiap organisasi atau perusahaan untuk membangun apa yang di namakan knowledge management. Suatu perusahaan sekarang ini dengan keadaan persaingan bisnis yang semakin ketat, dimana setiap perusahaan tidak hanya mempunyai produk yang sama. Akan tetapi, membutuhkan suatu inovasi. Inovasi di sini di ambil dari beberapa pengetahuan, pengalaman-pengalaman dari history yang pernah ada di perusahaan yang kemudian membutuhkan pengembangan dengan inovasi yang membuat bisnis semakin baik.

12-16-2009-12-06-54-am

Knowledge management sendiri lahir karena adanya daya saing dan inovasi yang sedang dihadapi organisasi atau perusahaan yang sudah berlalu. Segalanya dalam perusahaan terjadinya perubahan dparadigma bisnis yang telah menempatkan pengetahuan sebagai isu sentral kinerja organisasi. Saat ini, daya saing yang baik di dalam kehidupan bisnis apabila mempunyai inovasi yang baik terus menerus. Dimana kemampuan inovasi di tentukan oleh seberapa besar organisasi itu memiliki cadangan pengetahuan, kemampuan belajar, dan seberapa active melakukan inovasi baru.

Pentingnya knowledge management, bagaimana perusahaan memiliki knowledge yang baik, memeliki pengetahuan yang khas (organization-specific knowledge) yang menjadi suatu kompetisi yang kemudian akan membangun suatu brand image dari perusahaan tersebut. Karena hal tersebut untuk mencapai hal yang maksimal dalam persaingan bisnis yang ada dengan menggunakan knowledge management yang terus menerus , mensintesa yang akan menciptakan pengetahuan baru untuk bisnis yang akan di gunakan untuk support bisnis yang ada di perusahaan.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pengembangan knowledge management , yang akan di rasakan betapa penting hal tersebut, contoh pengunduran diri seorang karyawan yang memegang sebagian besar proses di dalam perusahaan dan membutuhkan knowledge . hal ini sebagai contoh sebarapa penting nya knowledge management di dalam suatu perusahaan.

 

 

3 Tahapan utama dalam siklus manajemen pengetahuan terintegrasi yaitu :

1. Menangkap / menciptakan pengetahuan.

2. Membagi dan menyebarkan pengetahuan.

3. Mengakuisisi dan aplikasi pengetahuan.

 

Menangkap pengetahuan dalam sebuah organisasi tidak murni tentang teknologi.
Bahkan, banyak perusahaan menemukan bahwa TI hanya memainkan sebagian kecil dalam memastikan informasi yang tersedia bagi mereka yang membutuhkannya. Pendekatan yang diperlukan tergantung pada jenis usaha, budaya, dan cara di mana orang memecahkan masalah.

 

Menangkap pengetahuan bukanlah murni mekanistik “add-on”  karena ada hubungannya dengan organisasi, penemuan, dan integrasi pengetahuan ke dalam “pabrik” dari organisasi.  Pengetahuan harus ditangkap dan dikodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bagian dari basis pengetahuan yang ada  organisasi.  Setiap organisasi memiliki sejarah, yang menyediakan suatu latar belakang terhadap pertumbuhan dan evolusi organisasi.
Setiap organisasi juga memiliki memori. Perwujudan dari memori organisasi adalah pengalaman karyawannya, dikombinasikan dengan data tangible dan pengetahuan yang tersimpan di dalam organisasi (Walsh dan Ungson, 1991).

 

Keunggulan kompetitif diperoleh dengan membuat pengetahuan individu tersedia dalam organisasi, mengubahnya menjadi pengetahuan organisasi. Pemanfaatan penuh dari pengetahuan organisasi bersama dengan potensi keterampilan individu, kompetensi, pemikiran, inovasi dan ide akan membuat perusahaan mampu bersaing secara efektif ke depannya. Manajemen pengetahuan tacit adalah proses menangkap pengetahuan dan keahlian dari individu dalam organisasi dan membuatnya tersedia bagi setiap org yg membutuhkannya. Menangkap pengetahuan ekplisit adalah pendekatan sistematis dalam menangkap, mengorganisir dan menyempurnakan informasi dengan membuat informasi mudah ditemukan, memfasilitasi pembelajaran dan problem solving. Setelah pengetahuan diubah ke bentuk eksplisit, maka ini perlu diorganisir dalan dokumen terstruktur untuk multipurpose.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: